Sate Klopo

Sate Kelopo

 

Kota yang dikenal dengan sebutan kota pahlawan ini adalah ibukota propinsi Jawa Timur, mungkin bagi sebagian yang lain lebih mengenal kuliner rujak cingur Delta atau sambal pedas bu Rudi, maka yang paling saya suka kuliner di kota ini adalah Sate Klopo yang berada di Jl. Ondomohon,Sate daging sapi yang di padu dengan potongan daging kelapa ini awalnya memang berasal dari Pulau Madura, dan Bumbu sate yang dipakai tentu berbeda dengan sate di Jakarta, jika di Jakarta bumbunya sebatas bumbu kecap maka di sini bumbu sate lebih menggunakan kacang.

eits tunggu dulu…..kalau kalian mencari jl. Ondomohon di map/peta pasti tidak akan menemuinya karena jalan ini adalah sebutan lisan warga Surabaya yang sudah dikenal sejak jaman kolonial, meskipun secara administratif lebih di kenal dengan jl. Walikota Mustajab.

hanya saja kalian harus bersabar kalau mau mencicipi kuliner ini, di hari dan jam tertentu kalian harus rela berdiri untuk antri karena tidak kebagian tempat duduk akibat dari ramainya pengunjung.

Kenapa dinamakan Sate Klopo Ondomohen? Ternyata sate klopo ini berada di ruas jalan yang dulunya bernama Ondomohen, sebelum berganti nama menjadi Jl. Walikota Mustajab. Dulunya kedai ini berada di seberang kedai yang sekarang dan hanya buka pagi, tapi sekarang dari tempat makan ini buka dari pagi sampai malam. Walaupun selalu ramai, Sate Klopo Ondomohen yang dirintis oleh Ibu Asih ini tidak buka cabang. Jadi buat yang mau berburu Kuliner ini, masukkan Sate Klopo Ondomohen  ini dalam daftar kunjungan Anda….