Pantai Boom merupakan pantai wisata yang berada di pusat Kota Tuban, terletak sekitar 300 meter ke utara dari alun-alun Tuban. Wisata Pantai Boom Tuban ini resmi dibuka sejak awal Januari tahun 2011 dengan tiket masuk Rp 1500 per orang yang sekarang sudah menjadi Rp. 2500,-.

Bila anda berwisata ke Pantai Boom Tuban, anda akan menemukan pintu masuk pantai yang berbentuk seperti layar perahu dan menjumpai hamparan taman. Di sebelah kanan dan kiri taman bagian depan ini terdapat dua bangunan berbentuk pendapa dengan prasasti berada di dinding Bangunan.

Prasasti tersebut berkisah tentang sejarah Pantai Boom Tuban yang di Masa Lampau mempunyai peranan penting sebagai jalur pelayaran niaga dan pelabuhan pada masa kerajaan Airlangga, Singasari , Majapahit dan masa awal syiar Islam di Tanah Jawa. Seperti guci, gentong, piring, teko berbahan keramik, persenjataan tradisional dan sebagainya.

Pantai Boom dahulunya adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit, dan merupakan tempat singgah para pedagang dan saudagar antar daerah dan negara. Namun sekarang pantai ini berubah menjadi tempat wisata yang begitu indah karena beberapa waktu lalu, pemerintah daerah setempat mengeluarkan dana untuk mempercantik objek wisata pantai ini.

https://kathymonica.files.wordpress.com/2015/05/tumblr_inline_mq6sn1i2sd1qz4rgp.jpg

Fasilitas Pantai Boom - Jawa Timur : Pantai Boom Tuban Jawa Timur

Pantai Boom Tuban memiliki, semacam “Break Water” atau seperti semenanjung buatan karena panjangnya kurang lebih 1000 m atau 1 kilo meter. Di sisi kanan kiri semenanjung buatan, saat ini masih dipergunakan sebagai tempat sandaran perahu oleh nelayan tradisional setempat.

Pantai Boom Tuban memiliki gelombang kecil seperti halnya pantai utara jawa lainnya, dan kondisi pantainya sangat landai, sehingga sangat memungkinkan untuk dibuat wisata bahari plus segala sesuatu yang menyertainya.

Di sekitar pantai terdapat sebuah jalan yang menjorok ke laut. Jalan ini biasanya digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan menikmati panorama laut ditemani hembusan angin sepoi-sepoi. Disini juga terdapat beberapa gazebo cantik yang digunakan sebagai tempat untuk melihat pemandangan saat matahari terbit ataupun terbenam.

Selain menikmati pemandangan sunrise dan sunset, tidak sedikit pengunjung yang menghabiskan waktu disini dengan memancing ikan di tepi pantai.
Selain itu disini tersedia perahu nelayan yang bisa disewa untuk mengelilingi Pantai Boom.

Wisatawan dapat menikmati indahnya langit sunset di kala senja di Pantai Boom Tuban ini. Melakukan aktivitas memancing atau berjalan-jalan, bersantai di gazebo-gazebo serta menikmati fasilitas dan wisata lainnya di pantai ini yang berarsitektur budaya kolonial, Cina dan Jawa.