Kuliner Kare Rajungan Pedas Khas Tuban, Jawa Timur

 

rajungan

Tuban adalah kota pesisir di Pantai Utara Jawa Timur. Seperti lazimnya kota pesisiran, ada dua ciri khas makanannya, yaitu seafood dan rasa pedas yang menggigit. Mulai sore hari hingga malam, di sepanjang Jalan RE Martadinata (depan klenteng Kwan Sing Bio) anda bisa mencicipi aneka jenis seafood yang digelar di tenda-tenda kaki lima. Menu-menu yang tersedia ada ikan cumi, udang, kepiting/rajungan yang diolah dengan di goreng atau dibakar. Nah, Jika anda adalah seorang pecinta seafood, maka sangat tidak salah jika anda berwisata kuliner di Kota Tuban . Mulai dari warung kaki lima hingga hotel berbintang, seafood pasti banyak dijumpai.
Tentu karena dekat dengan alamnya, ikan-ikan yang disediakan benar-benar segar dan disajikan dengan sambal terasi khas Tuban. Jika memang gemar makan ikan, dipastikan lidah Anda akan bergoyang. Sambalnya bisa dipilih sesuai selera anda, mulai dari level 1 sampai level yang terpedas. Mereka yang suka pedas, sepertinya Anda wajib mencicipi makanan yang satu ini, yakni Kare Rajungan “Manunggal Jaya”.
Kare rajungan adalah salah satu makanan yang terkenal di kota Tuban yang berada di jalan Manunggal, tepatnya di samping kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban dan persis depan SMA Negeri 3 Tuban. Buat kamu yang belum tahu apa sih yang di namakan rajungan itu? Rajungan adalah sejenis kepiting tapi memiliki supit yg agak panjang di banding dengan kepiting biasa. dan warnanya juga agak merah kecoklatan.
Bumbu karenya sangat tersohor di Tuban. Pertama kali menyentuh lidah, rasanya begitu membuai, sangat lezat. Tapi lama kelamaan rasa pedasnya akan meremukkan lidah dan siapapun yang sedang flu, pasti hidungnya langsung plong. Buat Anda pecinta pedas, Anda harus menerima tantangan yang satu ini.
Soal rasa, selain pedas yang meremukkan lidah alias “super duper” pedas, aneka rempah yang paling menonjol dari kare ini adalah aroma gurih bawang merah, bawang putih, cabe rawit yang pedas menggigit, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, kencur, daun jeruk purut, daun sereh, ketumbar dan tentu saja kelapa.