Pantai sowan, merupakan objek wisata alam dan pantai yang ada di sebelah barat kabupaten tuban tepatnya di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Objek wisata ini menawarkan eksotisme alam dan pantai. Meskipun naman dari objek wisata ini “pantai sowan” yang berarti pantai yang ada disowan, namun tak hanya pantai yang bisa anda nikmati bila berkunjung ke wahana wisata ini. Ketika anda memasuki pintu gerbang utama masuk wahana wisata anda akan disuguhkan pepohonan rindang bak hutan dengan hamparan pohon akasia, klampis, dan mahoni. Ini karena wisata ini dulunya merupakan Tempat Penyimpanan Kayu (TPK). Meski sekarang sudah tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan kayu namun wilayah tersebut sampai sekarang masih dikelola oleh pemerintah RPH Sukoharjo, BKPH Bancar, KPH Jatirogo dengan luas baku 32,0318 ha. Rute, Arah, Jalur Akses Menuju Wisata Pantai Sowan Tuban sangatlah mudah dijangkau oleh pengunjung karena wisata ini terletak dijalur pantura jalan surabaya-semarang.

info+keindahan+pantai+sowan+tuban

Tempat wisata ini biasanya digunakan sebagai wisata para pemuda-pemudi bareng pacar, sahabat, dan temen-temen sekelas, temen kuliah, maupun ngumpul reuni alumni dan alumnus, serta rekan kerja. Tak hanya para remaja yang berkunjung diwahana wisata alam dan pantai ini, orang tua bersama keluarga juga dapat kita jumpai didalam objek wisata ini. Dengan nuansa alam bak hutan pohon klampis yang berujung tebing pantai dan terdapat batu karang juga menambah suasana yang khas yang pastinya cocok dan asik buat berkumpul bersama orang-orang terkasih.

Wisata Pantai sowan yang berupa alam bergabung pantai ini tercatat pernah dikunjungi semua kalangan usia, diantaranya rombongan pelajar Mulai dari pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi. Untuk pelajar Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) biasanya datang dari sekolah sekitar wilayah kecamatan bancar. Biasanya pas hari libur mereka berekreasi atau berwisata bersama rombongan instansi sekolah terkait. Sedangkan untuk Rombongan pelajar  tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), sampai Perguruan Tinggi (PT/Universitas), dan juga organisasi ataupun komunitas-komunitas lainya bisanya menggunkan tempat ini sebagai Bumi PerKemahan. Baik sekedar camping akhir pekan, Perkemahan sabtu minggu (PerSami), pendidkan dan pelatihan (Diklat) anggota baru maupun reorganisasi pernah terlaksana di sekitar lokasi wisata tersebut. Memang lokasi wisata pantai sowan ini cukup luas untuk dijelajahi, dan tentunya sangat pas buat digunakan berbagai acara pelatihan lapangan yang menyuguhkan 2 pilihan yaitu nuansa alam dan pantai.

Berapa Tiket Biaya Masuk Wisata Pantai Sowan Tuban ?
Tarif untuk memasuki wahana wisata pantai sowan tersebut itu berkisar dari Rp.5000-15.000 [saat ini : oktober thn 2015] tergantung anda masuk menggunakan apa dan dengan siapa.
1. Apabila anda jalan kaki sendiri cukup bayar : 5000
2. Bawa motor Sendiri : 7000
3. Bawa motor boncengan berdua : 12.000

Tarif diatas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada hari apa anda kesana. Apabila pada weekend, hari besar dan hari liburan bisa jadi tarif akan naik dari hari-hari biasa.

Wisata Pantai Sowan menyediakan fasilitas antara lain : toilet, mushola, gerbang, loket, area bermain, terdapat hewan langka juga seperti ular phiton, kera, burung kakak tua, dan masih ada beberpa hewan unik lainya. Didalam wahana tersebut juga terdapat papan penunjuk arah,  terdapat juga instalasi listrik dan air, dan warung atau toko yang berjualan disekitarnya.

Buat anda yang kebetulan berkunjung kekota tuban, wisata Pantai Sowan yang bernuansa alam dan pantai ini patut untuk anda singgahi. Apalagi buat anda yang suka berpetualang. Tentunya tak mau kan ketinggalan ber jejak di tempat yang eksotis ini.