Sampang – Bentrokan antar kelompok di Sampang, Jawa Timur, tentu membuat hati kita miris. Padahal, Sampang adalah tempat yang indah dan penuh kedamaian. Wajah damai Sampang ini, bisa kita lihat di Pantai Camplong.

Dekat dengan pusat Kabupaten Sampang jelas membuat Pantai Camplong menjadi favorit wisatawan yang datang ke Madura. Ombak besar, dataran pasir yang landai dan luas juga menambah daya tarik di sini. Ini dia pantai paling asyik di Madura! detikTravel mendatangi pantai ini, pekan lalu.

Begitu melintas Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), arahkanlah kendaraan menuju Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Perjalanannya sangat mudah dengan akses jalan yang memadai. Perjalanan ini ditempuh selama sekitar satu jam. Begitu sampai di Sampang, rambu-rambu bisa dengan jelas menuntun Anda sampai ke Pantai Camplong.

Melintasi Jalan Raya Pantai Camplong, suasana pantai sudah sangat terasa. Di sebelah kanan jalan terlihat pantai yang biru tertutup bukit-bukit yang indah. Pantai Camplong masih ‘malu-malu’ menampakkan keindahannya. Tidak lama lagi, Anda akan menemukan beberapa tanaman bakau yang tumbuh persis dekat jalan raya dan teruslah berjalan menuju pintu gerbang kawasan wisatanya.

Tak perlu berlama-lama lagi, segeralah membeli tiket di loket yang tersedia. Untuk satu orang, tiket dihargai Rp 5.000 sekali masuk. Dengan tiket yang tergolong murah tersebut Anda sudah bisa menikmati Pantai Camplong yang sangat indah.

Menuju bibir pantai, ada jalan setapak yang dipayungi oleh banyak sekali pohon cemara. Di sisi kanan dan kirinya berjejer kios-kios yang menjual suvenir khas Madura. Akan tetapi, beberapa kios juga menjual perlengkapan untuk wisata pantai.

 Deburan ombak sudah terdengar jelas dari sini. Suaranya seakan memanggil untuk segera dihampiri. Melewati beberapa kios lainnya, Anda akan segera menginjak pasir pantainya yang halus.

Sangat luas, itulah kesan pertama ketika datang di Pantai Camplong. Dataran yang landai terlihat seperti tak ada batasnya. Anak-anak bebas berlarian kesana kemari tanpa takut karang tajam melukai kaki mereka. Ya, pasir di Pantai Camplong memang cukup bersih dari karang.

“Ini belum seberapa luas. Kalau sedang surut, kita bisa berjalan hampir ke tengah laut,” ujar pengunjung yang juga warga setempat, Faqih kepada detikTravel, Kamis (23/8/2012).

Bermain air di tepi pantai menjadi kegiatan paling asyik di sini. Airnya biru dan masih sangat bersih. Ombaknya cukup kencang, tapi sangat aman untuk anak-anak. Pergi ke pantai tanpa berenang, mana seru!

Di sini, Anda bebas berenang sesuka hati. Menikmati ombak pasti terasa lebih seru jika Anda menyewa pelampung. Harganya Rp 5.000 untuk sekali peminjaman. Di atas pelampung yang terbuat dari ban dalam mobil ini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai sambil sesekali digoyangkan oleh ombak.

Selain itu, ada juga beberapa kapal yang menyediakan perjalanan hingga ke tengah laut. Mumpung di pantai, kenapa tidak sekalian mencoba asyiknya naik perahu. Untuk bisa menikmati pemandangan sampai ke tengah laut, Anda harus membayar Rp 5.000 per orang. Namun, Anda harus bersabar karena kapal harus terlebih dulu menunggu 4 penumpang lagi.

Bermodalkan mesin diesel, perahu yang sehari-hari juga digunakan untuk menangkap ikan ini akan mengantarkan Anda berkeliling lepas pantai. Tidak jauh dari bibir Pantai Camplong terdapat dermaga untuk kapal minyak. Dermaga tersebutlah tujuan perahu sebelum memutar kembali ke Pantai Camplong.

Untuk memenuhi keinginan pengunjung yang cukup hanya pada hari libur, penduduk sekitar yang biasanya bekerja sebagai nelayan mencoba memodifikasi perahu mereka sebagai wahana yang seru. “Tidak cuma saya, masih ada sekitar 10 kapal lainnya yang bisa dipakai untuk jalan-jalan ke tengah laut,” jelas awak kapal, Riyanto.

Sekitar 20 menit, perahu sudah kembali lagi ke bibir pantai. Waktu tersebut sepertinya terlalu singkat untuk menikmati pemandangan pantai dan laut yang sangat indah.

Menutup wisata Anda di Pantai Camplong, sepertinya sangat pas jika bersantai sambil menikmati rujak cingur. Panganan khas Madura ini sangat cocok dinikmati dengan segelas es kelapa muda. Apa lagi jika sunset sudah mulai memancarkan cahaya indahnya, pasti makin sempurna.