Jembatan Suramadu yang diresmikan pembukaanya pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa yaitu Surabaya dengan Pulau Madura atau kota Madura. Tidak heran jembatan ini diberi nama Suramadu yang merupakan singkatan dari nama masing-masing kota. Awal pembangunan jembatan ini sendiri dimulai pada tahun 2003 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan setelah tujuh tahun pembangunan ini akhirnya terselesaikan.

Jembatan suramadu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panjang Jembatan Suramadu 5.438 meter menjadikannya jembatan nasional terpanjang di Negara Indonesia. Bentuk bangunannya yang mantap dan kokoh menjadi penghubung antara dua pulau. Saat malam hari maka jembatan ini akan dihiasi oleh lampu-lampu yang menambah kecantikan pemandangan jembatan tersebut. Tidak heran kalau sekarang jembatan ini juga dijadikan salah satu objek wisata yang rupanya sangat terkenal. Bagi mereka yang menaiki kendaraan dan ingin melewati ini harus membayar tarif jalan tol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tarif tol untuk roda empat golongan satu seperti sedan dan truk kecil adalah 30.000 rupiah sedangkan untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor hanya perlu membayar seharga 3.000 rupiah.

Jembatan Suramadu Surabaya ini terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan utamanya, jembatan layang, serta jembatan penghubung. Selama pembangunan jembatan ini memakan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah. Selama melewati jembatan ini maka anda disuguhkan pemandangan menarik dari Selat Madura apalagi jika anda melintasi jembatan ini saat malam hari. Tidak heran jika jembatan ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan.

Foto jembatan suramadu