Pilihan berwisata di Kota Wisata Batu kini kian beragam. Yang terbaru, salah satunya adalah objek wisata buatan The Bagong Adventure Museum Tubuh yang diluncurkan oleh Jatim Park Grup pada 21 Desember 2014. The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan museum anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia, dan bahkan merupakan museum tubuh manusia terbesar di Asia. Saat ini Museum Tubuh atau Human Body Museum hanya terdapat dua di dunia, yaitu Corpus Museum di Belanda yang merupakan museum tubuh pertama di dunia dan Museum Tubuh di Kota Wisata Batu. Objek wisata ini terletak di sisi kiri Jatim Park I, tepatnya di Jalan Kartika No. 2.Selain menyuguhkan wisata juga sebagai sarana edukasi tentang anatomi tubuh manusia.

images (3)

Mulai dari epala beserta isinya, panca indera, tulang, darah, jantung, hati, lambung, usus, ginjal, dan banyak jenis lainnya yang berkaitan dengan tubuh manusia. Semua wahana itu disajikan bagi pengunjung museum dengan bangunan enam lantai di atas lahan seluas 1 hektare. Pengunjung tidak perlu capek-capek untuk mengetahui detail anatomi tubuh, karena telah disediakan lift. Fasilitas berupa lift tersebut dipersiapkan bagi wisatawan untuk berkunjung ke 13 zona yang telah dipersiapkan.

The Bagong Adventure Museum Tubuh dibuka setiap hari mulai pukul 8.30 hingga 16.30. Harga tiket masuk untuk hari Senin-Jumat Rp 40.000 sedangkan Sabtu dan Minggu sebesar Rp.60.000. Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut kita dapat menikmati perjalanan wisata seru seakan berada di dalam tubuh manusia sesungguhnya. Jika Anda berkunjung ke museum ini, Anda tidak sekedar jalan dan melihat display yang tertata rapih di meja etalase, namun Anda juga akan diajak untuk melakukan sebuah perjalanan melalui tubuh manusia dan melihat berbagai aktivitas di dalamnya.

download

Selain bentuk dalamnya yang unik, museum ini juga memiliki bentuk gedung di bagian luar yang tak kalah uniknya. Bentuk bangunan setinggi 24 meter dan terdiri dari 6 lantai ini juga menjadi salah satu pusat perhatian wisatawan yang datang berkunjung. Museum Tubuh menampilkan karakter pewayangan Bagong, sehingga Museum Tubuh ini dikenal juga dengan nama The Bagong Adventure. Ikon Bagong dipakai karena memiliki karakter kecil, lucu, sedikit nakal tetapi pintar, aktif dan cerdik.

Dalam wisata edukasi ini, kita disuguhi segala informasi tentang tubuh manusia yang penuh dengan rahasia. Pembelajaran anatomi tubuh manusia ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Panduan berupa tulisan dan LCD interaktif yang berisi materi serta game tentang zona di mana komputer tersebut diletakkan. Terdapat 13 zona mulai dari Zona Otak, Mulut, Gigi, Telinga, Hidung, Mata, Paru-paru, Jantung, Hati, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, Tulang dan masih banyak zona yang lainnya.

images

Di setiap zona juga disediakan guide yang akan membimbing dan menjelaskan setiap anatomi tubuh di zona-zona yang akan kita lewati. Guide ini diambil secara khusus dari akademi keperawatan, sehingga mereka dapat memberikan jawaban yang sesuai dari setiap pertanyaan kita. Museum ini tentunya sangat cocok dikunjungi bagi kalangan pelajar, mahasiswa, dokter, perawat dan instansi yang berhubungan dengan medis, baik farmasi dan puskesmas.

images (7)

Setelah memasuki pintu masuk Museum Tubuh berbentuk mulut Bagong, pengunjung akan menemukan gambaran otak manusia yang cukup besar, dengan ketinggian sekitar 10 meter dan lebar 6 meter. Otak ini tergantung di atap bangunan. Di dekatnya terdapat sebuah kafe berbentuk mulut yaitu Cafe Gigi yang menyediakan beragam menu bagi para pengunjung yang datang.

Di lantai pertama ini kita akan mulai menjelajahi Zona Gigi. Di sini guide akan menjelaskan segala hal tentang gigi mulai dari lapisan gigi, terjadinya karang gigi, terjadi sariawan sampai terjadinya abses. Selanjutnya di Zona Telinga, Anda akan diberi penjelasan tentang segala yang terjadi di dalam telinga. Sedangkan di Zona Hidung akan diperagakan simulasi bulu hidung, bentuk tulang hidung, proses terjadinya bersin, dan bagaimana indra penciuman bekerja.

images (8)

Di Zona Otak guide akan menjelaskan fungsi otak dan beberapa penyakit otak. Lalu di Zona Mata, pengunjung akan diterangkan tentang lapisan di dalam mata dan juga dilengkapi dengan tes buta warna. Zona selanjutnya, pengunjung akan memasuki Zona Pembuluh Darah yang digambarkan berupa terowongan sistem lapisan darah. Di Zona Jantung pengunjung akan menyaksikan jantung manusia raksasa dan merasakan langsung detak jantung tersebut.

Seperti halnya dengan di Zona Jantung, di Zona Paru-paru pengunjung juga akan dijelaskan bentuk paru-paru. Di sini Anda akan ditunjukkan perbedaan paru-paru yang sehat dan paru-paru yang tidak sehat karena asap rokok atau polusi udara. Di Zona Usus meliputi usus halus, usus besar, gajih, dan usus buntu. Sedangkan di Zona Ginjal akan diterangkan misalnya berapa gelas minimal minuman yang dikonsumsi manusia setiap hari.

Uniknya di The Bagong Adventure juga dilengkapi dengan ruang periksa kesehatan secara gratis untuk para pengunjung. Pemeriksaan gratis itu meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, tensi darah, berat badan ideal, tinggi badan ideal, osteoporosis, golongan darah, kesehatan mata, dan diabetes. Dari lantai top roof ini pengunjung bisa memeriksa kesehatannya sambil menikmati pemandangan Kota Batu dari lantai tertinggi museum.

Selanjutnya pengunjung akan dibawa ke lantai basement 1 Zona Cinema tiga dimensi dan reproduksi, khusus untuk anak 15 tahun ke atas. Di Zona Cinema 3D, mempelajari tentang anatomi tubuh dan proses reproduksi manusia yang ditampilkan secara visual 3D. Sedangkan di lantai basement 2 adalah Zona Tulang Sendi.

images (2)

Selain zona anatomi, ada juga Zona Exhibition. Di sini pengunjung akan diajak mempelajari simulasi mimisan, simulasi pilek, tempat praktek dokter gigi, simulasi tentang anatomi tubuh dengan sinar X-ray, simulasi trasfusi darah, dan simulasi anatomi dalam tubuh mulai dari kepala sampai paha manusia. Di zona ini pengunjung bisa bermain Bagong Burp tentang proses terjadinya sendawa yang terjadi pada manusia. Di samping itu dijelaskan juga tentang proses pengawetan tubuh manusia dengan metode plastinasi.

images (4)

Di The Bagong Adventure Museum Tubuh, selain berekreasi setidaknya kita dapat lebih memahami anatomi dan menyayangi organ-organ tubuh kita. Dengan mengetahui gambaran dasar mengenai proses-proses yang terjadi di dalam tubuh, maka kita dapat lebih mudah untuk menjaga setiap organ agar dapat berfungsi secara efektif. Serta melakukan tindakan prefentif agar tidak terjangkit suatu penyakit.

Rute The Bagong Adventure Museum Tubuh Manusia:
1. Entrance & Cafe Gigi
2. Zona Gigi
3. Zona Telinga
4. Zona Hidung
5. Zona Otak
6. Zona Mata
7. Ruang Serbaguna
8. Zona Pembuluh Darah
9. Zona Jantung
10. Zona Paru-paru
11. Zona Hati
12. Zona Lambung
13. Zona Usus
14. Zona Ginjal
15. Ruang Pemeriksaan Gratis & Cafe Bagong
16. Cinema 3D
17. Zona Tulang Sendi
18. Zona Exhibition

Harga Tiket Masuk (HTM) The Bagong Adventure Museum Tubuh:
• Weekday (Senin–Kamis) : Rp 40.000,- /pax
• Weekend (Jumat–Minggu), Tanggal Merah, Musim Liburan : Rp 60.000,-/pax

Harga Tiket Terusan Museum Tubuh + Jatim Park 1:
• Weekday (Senin–Kamis) : Rp 70.000,- /pax
• Weekend (Jumat–Minggu), Tanggal Merah, Musim Liburan : Rp 100.000,-/pax

Catatan: Untuk rombongan 30 pax, mendapat free 1 tiket dan berlaku kelipatan.

Alamat The Bagong Adventure Museum Tubuh:
Jl. Kartika No. 2 Kota Wisata Batu