Malang terkenal dengan berbagai potensi wisata alamnya yang indah. Selain pantai dan air terjun, kota berhawa sejuk ini juga menghadirkan wisata alam berupa waduk atau bendungan. Salah satu bendungan yang patut Anda kunjungi saat berada di Malang yaitu Bendungan Karangkates.

foto: www.jelajahmalang.blogspot.com

Bendungan Karangkates atau biasa disebut Bendungan Sutami terletak di Kecamatan Sumber Pucung, sekitar 40 km arah selatan dari kota Malang. Bendungan ini mulai dibangun oleh pemerintah antara tahun 1975-1977 dengan dana sekitar US$ 37,97 juta atau Rp 10.093 milyar. Bendungan yang airnya berasal dari Sungai Brantas tersebut juga digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Kapasitas yang dimiliki Bendungan Karangkates mencapai 3×35 megawatt  (MW) dan mampu memproduksi listrik sekitar 400 juta kwh per tahun.

Bendungan Karangkates yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta I (PJT I) ini mempunyai luas keseluruhan sekitar 6 hektar. Selain digunakan sebagai PLTA, Bendungan Karangkates juga menjadi salah satu obyek wisata unik di Malang. Daya tarik tempat ini terletak pada danau buatannya yang dibalut dengan pemandangan indah (dam view) serta dikelilingi oleh perbukitan hijau. Di bendungan tersebut, para pengunjung bisa menikmati keindahan waduk sembari berperahu ataupun memancing. Hijaunya pepohonan serta suasananya yang tenang juga membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Foto: www.dolanotomotif.com

Tak hanya itu, Bendungan Karangkates saat ini juga dijadikan sebagai sarana olahraga, terutama bagi masyarakat yang berasal dari Malang dan Kediri. Di dalam areal bendungan tersebut terdapat beberapa fasilitas olahraga seperti tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sensasi lainnya dengan mengunjungi taman wisata yang berada di sebelah utara Bendungan Karangkates dan di sebelah selatan Bendungan Lahor. Bendungan Lahor sendiri merupakan waduk buatan yang dibangun di atas Sungai Lahor, letaknya berhimpitan dengan Bendungan Sutami. Bila sudah lelah berkeliling, wisatawan dapat menikmati aneka makanan yang dijual di warung-warung yang ada di sekitar danau buatan ini.

Oya, selain fasilitas di atas masih ada berbagai fasilitas penunjang lainnya yang membuat kawasan wisata Bendungan Karangkates atau Sutami banyak dikunjungi orang. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya lapangan parkir yang cukup luas, camping ground, kebun binatang mini, taman bermain anak-anak, kios-kios penjual souvenir khas daerah Malang dan sekitarnya, mushola, kamar mandi, toilet, dan lain-lain. Untuk lebih menarik pengunjung, pada hari libur (Sabtu-Minggu atau libur nasional) biasanya di tempat ini mengadakan pertunjukan seni seperti orkes dan lain-lain. Untuk dapat memasuki obyek wisata Bendungan Karangkates pihak pengelola mematok harga tiket bagi pengunjung sebesar Rp 5.000 per orang.

Foto: www.tempatwisatamalang.com

Akses atau rute untuk mencapai Bendungan Karangkates relatif mudah. Lokasinya sangat strategis di tepi jalan raya Malang-Blitar, sekitar 35 km di sebelah selatan kota Malang atau 16 km arah barat obyek wisata Gunung Kawi. Dari pusat kota Malang, obyek wisata ini dapat ditempuh dengan rute Malang—Kepanjen—Sumber Pucung—Bendungan Karangkates (Ir. Sutami). Bagi yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik mikrolet berkode JDM dari Terminal Landungsari, Malang.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 25 Juni 2014.