Kalau Jakarta punya Ancol, maka Surabaya juga punya Pantai Ria Kenjeran. Pantai yang berada di Selat Madura ini adalah destinasi akhir pekannya traveler dan warga Surabaya.

Kalau Anda sedang traveling di Surabaya, Jawa Timur saat akhir pekan, maka tak ada salahnya untuk menikmati suasana asyik Pantai Ria Kenjeran. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 15 km atau bisa ditempuh selama setengah jam perjalanan.

Di sinilah biasanya wisatawan atau masyarakat Surabaya menghabiskan hari libur mereka. Dilihat dari situ Pemkot Surabaya, Pantai Ria Kenjeran tak hanya sekadar pantai biasa. Pantai ini juga punya banyak wahana seru.

Mau berkeliling pantai, tak perlu berjalan kaki. Sebab di sini, Anda bisa berkuda untuk menikmati pemandangan. Puas berkeliling, cobalah wahana lainnya, yaitu menyusuri tepian pantai dengan perahu kecil.

 Jangan lupa bawa kamera saat berperahu. Sebab saat di tengah nanti, pemandangan pantai pasti akan jauh berbeda. Perahu ini bisa menampung sampai belasan wisatawan. Jika penumpang lainnya sedang banyak, tarifnya akan semakin murah untuk sekali berkeliling.

Sudah berperahu, sayang jika tidak berenang. Ombaknya yang cukup tenang memang membuat Pantai Ria Kenjeran cukup aman, terutama untuk anak-anak. Tapi, mengingat ini adalah tempat berakhir pekannya warga Surabaya, saat hari Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional, Pantai Ria Kenjeran pasti cukup ramai.

Walaupun begitu, pantai ini tetap saja nyaman untuk liburan bersama keluarga. Apalagi Anda bisa mengajak sang buah hati untuk bermain beberapa wahana yang seru untuk mereka.

Biasanya, Pantai Ria Kenjeran juga sering menggelar acara musik yang cukup besar, layaknya Pantai Ancol di Jakarta. Tidak hanya itu, pantai ini juga sering menjadi tuan rumah berbagai perlombaan, seperti drag race dan pacuan kuda. Saat bulan purnama, Pantai Ria Kenjeran juga biasa menggelar pertunjukan barongsai.

Memang benar, pantai ini tidak hanya melayani tamunya saat siang hari saja. Saat gelap malam, Pantai Ria Kenjeran juga sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda Surabaya.

Mereka tidak hanya duduk-duduk menikmati pemandangan saja. Sebab di sini terdapat berbagai tempat makan yang punya menu beragam. Mumpung di Surabaya, sayang jika tidak mencicipi makanan khasnya. Cobalah pesan sate kerang, kupang lontong, lontong balap, rujak cingur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perut sudah kenyang, kini saatnya berburu oleh-oleh. Di sini juga terdapat beragam toko suvenir yang Surabaya banget. Karena di pantai, tentu saja kebanyakan adalah yang berkaitan dengan laut.

Jika Anda adalah traveler dari luar Surabaya yang ingin mencari lokasi bermalam, Pantai Ria Kenjeran juga punya beberapa penginapan. Asyiknya lagi, kamar-kamarnya punya pintu dan jendela yang mengarah langsung ke pantai. Jadi dari dalam kamar, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit saat pagi hari.

Liburan lengkap di Surabaya ada di Pantai Ria Kenjeran. Jadi, bagi yang mau berenang di pantai, bermain aneka wahana, berwisata kuliner, berburu suvenir murah, sampai menginap, bisa di sini!