Kampung halaman yang punya pemandangan alam hutan yang hijau dan segar, apalagi ada air terjun, pasti bikin kangen. Mereka yang aslinya dari Pasuruan bisa berkunjung ke Air Terjun Kakek Bodo di Tretes, Prigen.

Kalau Anda sedang pulang kampung di wilayah Surabaya-Pasuruan–Malang dan sekitarnya, ada objek wisata cantik  terletak di Lereng Utara Gunung Welirang yang cocok untuk aktivitas refreshing. Namanya Air Terjun Kakek Bodo. Objek wisata ini berada di kawasan Wisata Tretes, Prigen, di ketinggian 850 mdpl yang berhawa sejuk khas pegunungan

airkakek

Mengunjungi Air Terjun Kakek Bodo Tretes, sangatlah  mudah. Cukup naik bus yang ongkosnya Rp 5.000 dari arah Surabaya atau dari arah Malang. Turun di Terminal Pandaan. Lalu, naik angkutan pedesaan (Colt L-300) jurusan Tretes.

Turun di Pertigaan Kedung Biru Tretes, bayar Rp 8.000. Tinggal menyeberang jalan, akan sampailah di loket Wana Wisata Kakek Bodo. Jadi, hanya sekitar 50 Km dari Surabaya atau Malang. Tidak terlalu jauh!

Air Terjun Kakek Bodo tidak sekadar menyajikan air yang terjun dari ketinggian punggung bukit. Tapi di lokasi ini tersedia sarana bermain yang cukup memadai. Ada kolam renang dan arena bermain anak-anak. Tiket masuk murah meriah, tidak sampai 10.000 rupiah.

Air Terjun Kakek Bodo jatuh dari punggung bukit setinggi kurang lebih 40 meter. Airnya jernih, segar dan cenderung dingin. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda perlu berjalan sekitar 800 meter.

Setelah melewati jembatan kecil yang melintas di atas sungai berbatu dan berair jernih, Anda akan mejumpai sebuah cungkup makam. Konon di situlah bersemayam seorang tua yang bernama Kakek Bodo.