Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akan segera membangun sarana dan prasarana, termasuk jalan menuju Gunung Argopuro sebagai penunjang wisata alam dan Situs Rengganis itu. Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Yoyok Mulyadi menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan survei ke lokasi guna mengetahui infrastrukur apa saja yang haru dibangun guna mendukung wisata Gunung Argopuro. Pembangunan jalan menuju wisata Gunung Argopuro melalui pintu masuk atau jalur pendakian Desa Baderan, menurut dia, perlu karena untuk memudahkan pengunjung wisata menunju Situs Rengganis.

Pemerintah daerah telah menggelar acara Goes Tapal Kuda (Gotada) atau mengajak sekitar 850 penghobi sepeda pedal dari beberapa kabupaten dan juga dari Bali. Ratusan ‘biker’ itu diajak mengelilingi lereng Gunung Argopuro sepanjang 18 km. Kendati Gunung Argopuro bisa diakses dari Kabupaten Probolinggo, Pemkab Situbondo mengajak ratusan penghobi sepeda pedal memperkenalan akses paling mudah untuk sampai ke situs rengganis di Gunung Argopuro lewat Kecamatan Sumbermalang. Kegiatan bersepeda itu sengaja ditempatkan di Kecamatan Sumbermalang karena pemerintah daerah setempat ingin mempromosikan kawasan wisata Gunung Argopuro.

argopuro

Bupati juga turut serta melakukan “road show” bersama ratusan penghobi sepeda pedal guna mengajak partisipasi masyarakat mengelola wisata Gunung Argopuro.