Kota Batu yang berdekatan dengan Malang Jawa Timur pernah dijuluki sebagai Swiss kecil di pulau jawa oleh para  tentara kolonial Belanda pada jaman dahulu. Memang tidak salah keindahan dan keelokan panorama alam dan beberapa lokasi wisata menarik  di kota dingin yang berdampingan dengan kota Malang ini dapat kita nikmati mulai  sejak sebelum menuju pusat Kota Batu. Antara lain melihat Situs purbakala kerajaan Singosari ( Malang) , Tiba di Kota Batu kita bisa berkunjung ke taman wisata Songgoriti , Taman Selecta, Wisata Bunga, Buah, hingga Jatim Park dan Batu Night Spectakuler dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya. Bila kita berkunjung ke Batu Malang tentu tak akan ketinggalan untuk mencicipi segarnya sari apel manalagi, dan jangan lupakan satu lagi yaitu juga susu sapi . Produk susu sapi  ini salah satunya yang cukup terkenal ada di depan alun-alun kota Batu, yakni Depot susu sapi Ganesha, yang konon menurut salah satu karyawan depot ini sudah mulai ada sejak tahun 1986. Wah cukup lama juga ya.

Dengan bergabung di Koperasi Unit Desa masyarakat memproduksi minuman bergisi yang berbahan susu sapi. Tentu saja susu sapi tersebut harus melalui proses pengolahan yang memenuhi persyaratan kesehatan. Susu sapi segar ini sebelum dipasarkan telah melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu. Agar tidak merugikan kesehatan para konsumen.

Meskipun telah melalui proses pasteurisasi, sebaiknya susu sapi ini harus segera diminum agar tidak memberi kesempatan bakteri yang ada di udara bebas mengkontaminasi dan berkembang dalam cairan susu tersebut. B

Selain proses pasteurisasi, susu sapi segar yang dijual dari KUD Batu ini diproses secara higienis tanpa menggunakan bahan pengawet maupun zat pemanis buatan. Itulah salah satu kelebihan mengapa depot susu ini ramai dikunjungi para pembeli. Untuk harganya pun tergolong murah meriah, mulai dari kisaran harga Rp 2000 hingga Rp 10.000. Bahkan untuk  minuman kesehatan susu sapi segar dengan madu dan jahe cukup mengeluarkan selembar uang Rp 5000 Rupiah, sajian segelas susu hangat dan sehat sudah dapat kita nikmati.

Penggemar susu sapi segar ini  mulai dari orangtua hingga anak – anak, untuk memenuhi selera anak – anak ada juga susu sapi segar yang disajikan dalam botol yang terkemas modern dengan varian rasa coklat, mokka dan stroberry. Untuk  orang dewasa biasanya mereka lebih senang menikmati susu sapi segar dengan komposisi campuran jahe , telur dan madu. Namun banyak pula penggemar susu sapi segar ini yang menikmati susu murni tanpa campuran apa – apa. Semua tergantung selera kita.